Kamis, 08 November 2012

Fenomena Cinta


Sekiranya kamu dapati dirimu menyintai seseorang yang tidak membalas cintamu,
janganlah merasa tersisih.
Tiada salahnya menyintai seseorang kerana
Cinta tidak memilih untuk singgah di hati seseorang.

Sekiranya kamu dicintai oleh seseorang yang tidak kamu cintai,
anggaplah ia satu penghormatan buat dirimu tetapi kembalikan
penghormatan itu dengan cara yang ikhlas dan jujur.
Jangan ambil kesempatan dan janganlah melukainya.

Bagaimana kamu mengurus cinta begitulah kamu mengurus dirimu dan setiap hati dan perasaan
mengalami kepedihan dan kebahagiaan yang serupa sekalipun cara kita mengendalikannya berbeda.
Sekiranya kita bercinta dgn seseorang yang begitu menyintai diri kita dan tiba-tiba cinta memilih untuk pergi,
tiada siapa yang harus dipersalahkan,
relakanlah cinta itu pergi.
Kerana setiap yang berlaku ada maksud yang tersembunyi..
Dan kita akan menyedari apabila masa silih berganti.

Ingatlah bahwa jangan terlalu memilih cinta.
Kerana cinta itu sendiri akan memilih untuk singgah di hati sesiapa
Apabila ia datang mengetuk pintu hati mu
Terimalah kehadiran cinta itu dgn segala misteri di dalamnya
Nikmatinya sebagaimana ia membuat hidupmu bahagia dan bebaskan ia..
Jejak-jejak mencari cinta _ syair bebas panjang dan membosankan, adakah makna terpetik???
Kala hati bertanya cinta
Bagaimana kau perlakukan dirimu
itulah arti makna cinta

Kala diri ingin rasakan keiklasan cinta
Rasakan sebesar apa cara kita menyayangi jiwa raga
Itulah keiklasan cinta

Kala kesedihanmu bertanya kesucian cinta
Tanyakan pada dirimu, atas nama Tuhanmu
Adakah nuranimu percaya arti sebuah martabat
itulah salah satu kesucian cinta

Bila kau ingin melihat kebenaran cinta
Lihatlah, bagaimana cara mereka
Perlakukan diri,keluarga dan Tuhannya
Itulah kebenaran cinta adanya

Dan engkau akhirnya akan tahu
Arti kehormatan cinta, disana
Seberapa penting nama baik diri,keluarga dan Tuhanmu
Karena itulah kehormatan cinta sesungguhnya

Dan dalam pencarianmu tentang cinta
Lebih jauh lagi akan kau rasakan
Adanya kesetiaan cinta, pada titik tabah insan atas cobaan
yang ditimpaka padanya, Itulah kesetiaan cinta

Saat kau ragu
Lalu kau pertanyakan kejujuran cinta,
Pahamilah seperti halnya melihat kemaluan kita sendiri
Itulah kejujuran cinta

Jangan bertanya akan nafsu cinta
Sebelum kau pahami nafsu cinta
Yang telah melahirkan cinta

Tapi bilamana kau pertanyakan
Hal terbaik mencintai pasanganmu adanya
Perlakukan sebagaimana engkau mencintai dirimu
Itulah cara terbaik memberi cinta

Sampai pada titik ketidak tahuanmu
Bila ingin tahu surga cinta, disana
Diantara lipatan-lipatan lidah adanya surga cinta

Dan itulah arti bahagia cinta
Yang akan kau temukan
Saat kau merasa dekat denganNYA

Oh, bila lembar-lembar dunia
Kau telusuri hanya untuk mencari …
B erapa banyak arti cinta
Kupastikan padamu
Sepanjang nafas hidupmu (usiamu)
Sebanyak itulah arti cinta.


SLaLu adA Cinta d hati ini..mengertiLah Cintaku?
Cinta tak pernah akan begitu indah jika tanpa persahabatan…..yang
satu selalu menjadi
penyebab yang lain dan
prosesnya…adalah irreversible……
Seorang pecinta yang terbaik adalah sahabat
yang terhebat.
Jika kamu mencintai seseorang, jangan berharap
bahwa seseorang itu akan
mencintai kamu persis sebaliknya dalam
kapasitas yang sama.
Satu diantara kalian akan memberikan lebih, yang
lain akan dirasa
kurang………..
Begitu juga dalam kasus. kamu yang mencari,
dan yang lain akan
menanti……
Jangan pernah takut untuk jatuh cinta….
mungkin akan begitu menyakitkan, dan mungkin
akan
menyebabkan kamu sakit dan menderita…..
tapi jika kamu tidak mengikuti kata hati, pada
akhirnya kamu akan menangis…….
jauh lebih pedih…karena saat itu menyadari
bahwa kamu tidak pernah memberi….cinta.itu
sebuah jalan.
Cinta bukan sekedar perasaan, tapi sebuah
komitmen….
Perasaan bisa datang dan pergi begitu saja……
Cinta tak harus berakhir bahagia…..
karena cinta tidak harus berakhir…..
Cinta sejati mendengar apa yang tidak
dikatakan….
dan mengerti apa yang tidak dijelaskan, sebab
cinta tidak datang dari bibir dan lidah atau
pikiran………
melainkan dari HATI.
Ketika kamu mencintai, jangan mengharapkan
apapun
sebagai imbalan,karena
jika kamu demikian, kamu bukan
mencintai,melainkan…..investasi.
Jika kamu mencintai, kamu harus siap untuk
menerima penderitaan.
Karena jika kamu mengharap kebahagiaan,kamu
bukan
mencintai….melainkan memanfaatkan.
Lebih baik kehilangan harga diri dan egomu
bersama seseorang yang kamu
cintai dari pada kehilangan seseorang yang kamu
cintai, karena egomu yang tak berguna itu……..
Bagaimana aku akan berkata ” SELAMAT
TINGGAL “….
kepada seseorang yang tidak pernah aku
miliki ???????
Kenapa tetes air mata jatuh demi seseorang yang
tidak pernah menjadi kepunyaanku ?????
Kenapa aku merindukan seseorang yang tidak
pernah
bersamaku dan kubertanya,
Kenapa aku mencintai seseorang yang cintanya
tidak pernah untukku ????
Sangat sulit bagi dua orang yang mencintai satu
sama lain ketika mereka
tinggal dalam dua dunia yang berbeda……….
Tapi ketika kedua dunia ini melebur dan menjadi
satu, itulah yang disebut KEAJAIBAN !!!!!
Jangan mencintai seseorang seperti
bunga,karena
bunga mati kala musim berganti,
Cintailah mereka seperti sungai, sebab
Sungai mengalir selamanya……..
Cinta mungkin akan meninggalkan hatimu
bagaikan kepingan2 kaca,
tapi tancapkan dalam pikiranmu, bahwa Ada
seseorang yang akan bersedia untuk
menambal lukamu dengan mengumpulkan
kembali pecahan2 kaca itu…..
Sehingga kamu akan menjadi utuh kembali……

Puisi ini hnya ungKpan trkeciL yg mampu mLukiskan bSar'a rasa cinta ku u/ orang yg ku Cinta

hnya butuh wktu 9 bLn u/ mRajut kenangan2 cinta d hati ku sampai sbsar ini..

ku mCintai Cintaku buKn Cinta seOrg ADIK kpd KK'a, buKn Cinta seOrg SAHABAT kpd SAHABAT'a..
Cintaku Cinta seOrg KEKASIH kpd KEKASIH'a..

Ku mCintai Cintaku bukn hanya kTika Cintaku sLaLu mberikn kbahgiaan u/ ku, ku Jg mCintai Cinta ku ktika dia mau bbagi ksusahan bsama ku, ku mCintai Cintaku bukn hnya ktika Cintaku mLukiskn sNyuman d wajahku, ku bahkn ttap mCintai Cintaku ktika dia mNorehkn Luka hingga ku mNeteskn air mata..

air mata ku mNetes krn ku Cmburu pd Cintaku..
Ya..krn yg ada di hati ku adLh Cinta..

Air mata ku tdk akn mNetes,
aku tdK akn Cmburu dan Tdk akn Peduli,
aku akn bgitu saja mninggaLkan Org yg TDK ku Cinta,
pd Org Lain aku bisa sprti itu krn ku hnya b'inVestasi pd Org Lain itu, tapi Sama Cintaku tdk akn bisa aku sprti itu..hati ku tdk bisa bBohong krn aku Sayang n' Cinta kpd Cintaku..

ku bisa pergi dr hidup'a jika dia terusik oLeh khadiranku, dan akn ku ikhLaskn dia bahagia dng pilihan'a..krn ku ingin dia sLaLu tsenyum dLm mJaLani hari2'a :)
tp Jng mMinta ku u/ bHenti mCintai Cintaku, buknkah Cinta ta hRus b'akhir bahagia.. tp Cinta tak harus berAKHIR..

minta pndpt kaLian donk..gMna kLo kLian dCintai sperti yg tLah ku tuLis td, sperti Aku mCintai Cintaku





MY BELOVED FRIEND

Demi seorang teman….
Kita cuba merawat hatinya, merawat kesunyiannya…
Demi seorang teman…
Kita cuba memberinya terbaik, membuang segala buruknya…
Demi seorang teman…
Kita cuba kongsi segala, pahit manis kehidupan..
Demi seorang teman…
Kita cuba untuk faham, ke lubuk hati paling dalam…
Demi seorang teman…
Kita kadang melepaskan diri kita, menjadi orang lain…

Tapi kadang kita lupa….
Kita bukan merawat hati dan kesunyiannya…
Tapi makin membuat hati dan kesunyian itu parah….
Tapi kadang kita lupa….
Kita bukan memberinya terbaik dan membuang buruknya…
Tapi kita memberinya keburukan dan menambahkan lagi keburukannya….
Tapi kadang kita lupa…
Kita bukan berkongsi pahit manis kehidupan
Tapi kita sedang membebaninye dengan masalah….
Tapi kadang kita lupa…
Kita bukan cuba untuk memahaminya..
Tapi sedang menyelongkar segala peribadinya…
Tapi kadang kita lupa….
Dengan melepaskan diri kita dan menjadi orang lain…
Kita sebenarnaya berbohong dalam ikatan…

Teman….
Mungkin ini lah aku.. tanpa aku sedar… melukaimu tanpa niat…
Teman …
Mungkin ini lah aku… tanpa aku sedar… memburukkanmu tanpa niat..
Teman…
Mungkin ini lah aku.. tanpa aku sedar… membebanimu tanpa niat
Teman…
Mungkin ini lah aku tanpa aku sedar… menyelongkar peribadimu tanpa niat.
Teman..
Mungkin ini lah aku… tanpa aku sedar… membohongimu tanpa niat….
Teman…
Hanya ribuan maaf yang mampu ku
mohon.. dengan penuh segala kejujuran
Teman…
Hanya doa mampu ku hadiahkan, agar dibibirmu sentiasa menguntum senyum.
Maaf kan aku teman..



KEINDAHAN CINTA....

Dunia ini indah karena cinta
ia menerangi dunia ini dengan cahaya
ia mewarnai dunia dengan warnanya

cinta sejati akan selalu ada pada tiap orang
dimanapun.........kapanpun............…

tapi..........
tak banyak orang yang menyadari cinta tersebut
cinta itu tak bisa dilukiskan
cinta itu tak bisa di artikan
ia hanya dapat di rasakan

percayalah akan dirimu
percayalah akan cinta
maka cinta akan datang pada dirimu

aku hidup karena cinta
aku hidup untuk cinta

ia adalah aliran darahku
ia adalah nyawaku
ia adalah hatiku
ia adalah jiwaku

aku tak bisa hidup tanpa cinta
cinta.......kau lah hidupku
kaulah jiwaku

jadikan dunia ini penuh cinta
jadikan dunia ini lebih indah
jadikan ia nyawa mu

karena cinta......kita akan dewasa
karena cinta.......kita bisa hidup

ia bukan permainan
ia adalah nyawa ku

cinta itu abadi
cinta itu kasih sayang
cinta itu indah
cinta itu suci
cinta itu rela berkorban
cinta itu menerima apa adanya
cinta itu janji

cinta bagaikan angin,............
tidak dapat lihat,tapi dapat dirasakan

ia tidak mengenal halangan
ia tidak mengenal perbedaan

ia ada karena hati kita
telah menemukan jiwanya
tak pernah di paksa dan di cari
tapi datang dengan sendirinya

cinta membuat dunia lebih indah
cinta membuat dunia lebih berwarna
cinta itu membuat segalannya

Cinta sejati itu.................
Pernahkah kamu merasakan, bahwa kamu mencintai seseorang, meski kamu tahu ia tak sendiri lagi, dan meski kamu tahu cintamu mungkin tak berbalas, tapi kamu tetap mencintainya,

Pernahkah kamu merasakan, bahwa kamu sangguh melakukan apa saja demi seseorang yang kamu cintai, meski kamu tahu ia takkan pernah peduli ataupun ia peduli dan mengerti, tapi ia tetap pergi.

Pernahkah kamu merasakan hebatnya cinta, tersenyum kala terluka, menangis kala bahagia, bersedih kala bersama, tertawa kala berpisah, Aku pernah,.........

Aku pernah tersenyum meski kuterluka karena kuyakin Tuhan tak menjadikannya untukku, Aku pernah menangis kala bahagia, karena kutakut kebahagiaan cinta ini akan sirna begitu saja,

Aku pernah bersedih kala bersamanya, karena kutakut aku kan kehilangan dia suatu saat nanti, dan...... Aku juga pernah tertawa saat berpisah dengannya, karena sekali lagi, cinta tak harus memiliki, dan Tuhan pasti telah menyiapkan cinta yang lain untukku.

Aku tetap bisa mencintainya, meski ia tak dapat kurengkuh dalam pelukanku, karena memang cinta ada dalam jiwa, dan bukan ada dalam raga.

Semua orang pasti pernah merasakan cinta.. baik dari orang tua... sahabat.. kekasih dan akhirnya pasangan hidupnya.

Buat temenku yg sedang jatuh cinta.. selamat yah.. karena cinta itu sangat indah. Semoga kalian selalu berbahagia.

Buat temanku yg sedang terluka karena cinta...
Hidup itu bagaikan roda yang terus berputar, satu saat akan berada di bawah dan hidup terasa begitu sulit, tetapi keadaan itu tidak untuk selamanya, bersabarlah dan berdoalah karena cinta yang lain akan datang dan menghampirimu.

Buat temanku yang tidak percaya akan cinta...
buka hatimu jangan menutup mata akan keindahan
yang ada di dunia maka cinta membuat hidupmu menjadi bahagia.

Buat temanku yang mendambakan cinta.. bersabarlah..
karena cinta yang indah tidak terjadi dalam sekejab..
Tuhan sedang mempersiapkan segala yang terbaik bagimu.

Buat temanku yang mempermainkan cinta....
Sesuatu yang begitu murni dan tulus bukanlah untuk dipermainkan.
Cinta bukan suatu kehampaan.
Semoga kalian berhenti mempermainkan cinta dan mulai
merasakan kebahagiaan yang seutuhnya.

BIMBINGAN DAN KONSELING

Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Tema Kebermaknaan Tugas Dan Pelatihan Atribus

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Dalam hidup ini setiap manusia mempunyai tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan manusia harus belajar dari segala hal. Diperlukan juga motivasi atau dorongan yang kuat dari dalam maupun dari luar. Oleh karena motivasi adalah bermaksud sebab, tujuan atau pendorong, faktor inilah yang harus diperhatikan agar semua berjalan dengan maksimal. Kurangnya motivasi menjadi penyebab timbulnya maslah untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk mencapai suatu tujuan dengan memotivasi diri dalam belajar, akan menjadi penggerak utama untuk berusaha keras mencapai atau mendapat apa yang diinginkan.
Lebih penting sesuatu yang ingin dicapai, dimiliki, diselesaikan atau ditujui, lebih serius dan lebih kuatlah usaha seseorang, sebuah keluarga, organisasi, masyarakat atau negara untuk mencapai apa yang telah ditetapkan. Jadi, dengan tujuan atau hasrat yang lebih penting atau besar, lebih kuatlah pula dorongan atau motivasi seseorang itu untuk berusaha bagi mencapai tujuannya.
Pada dasarnya serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sebenarnya dilatar belakangi oleh sesuatu atau secara umum dinamakan motivasi inilah yang mendorong mereka untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan, begitu juga untuk belajar sangat diperlukan adanya motivasi.
Motivation is an essential condition of learning. Hasil belajar akan menjadi optimal jika memiliki motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, akan makin berhasil pula pelajaran itu. Jadi, motivasi akan selalu senantiasa menetukan intensitas usaha belajar bagi para mahasiswa. Perlu ditegaskan bahwa motivasi bertalian dengan suatu tujuan. disamping itu motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Seseorang melakukan suatu usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukan hasil yang baik. Dengan kata lain, dengan adanya usaha yang tekun dan terutama di dasari adanya motivasi maka seseorang yang belajar itu akan dapat melahirkan prestasi yang baik.
Kita umumnya memiliki kemauan yang kuat untuk berubah ketika mengetahui pentingnya makna perubahan. Sesuai dengan kenyataan itu, maka anda perlu mengenali kebermaknaan kegiatan belajar bagi anda.
Kita cenderung menjelaskan penyebab dari setiap kegagalan maupun kesuksesan dari usaha kita. Ketika kita mengalami keberhasilan, kita cenderung berfikir kenapa kita bisa berhasil; mungkin karena kita hebat, karena ada yang membantu, karena keberuntungan, dan berbagai dugaaan penyebab keberhasilan yang lain. Kecenderungan ini dalam psikologi disebut sebagai atribusi.
Dari pernyataan diatas penulis tertarik untuk membahas pentingnya kebermakanaan tugas dan pelatihan atribusi dikarenakan dua hal tersebut merupakan trategi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

  1. Tujuan penulisan
1.      Tujuan umum
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar.
2.      Tujuan khusus
    1. Mahasiswa  dapat mendeskripsikan pengertian motivasi belajar
    2. Mahasiswa  dapat  menjelaskan strategi peningkatan motivasi melalui kebermaknaan tugas.
    3. Mahasiswa  dapat menjelaskan strategi peningkatan motivasi melalui pelatihan atribusi


  1. Manfaat penulisan
1.      Bagi pendidik
Sebagai bahan referensi untuk bahan pembelajaran bagi siapa saja yang membutuhkannya untuk membagun motivasi belajar.
2.      Bagi mahasiswa
Untuk menambah wawasan dalam meningkatkan motivasi belajar

BAB II
PEMBAHASAN

Berkaitan dengan motivasi belajar, Robinson (1988) menyatakan “ motivasi sangat berperan dalam mengembangkan kegiatan belajar siswa”. Motivasi merupakan bagian belajar karena motivasi berfungsi meningkatkan kemauan untuk belajar. Dalam kegiatan belajar, motivasi diartikan keseluruhan daya gerak dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga tujuan yang ada dapat dicapai.
Motivasi belajar timbul dari pengadopsian perilaku melalui hubungan sosial. Dalam hubungan sosial tersebut, seseorang dapat berperilaku agresif terkait dengan rendahnya hubungan sosial, keterampilan sosial, interaksi sosial, kominikasi sosial disamping rendahnya pengelolaan emosi dan pemahaman peranan sosial dalam penyesuaian dirinya sebagai pelajar dengan lingkungannya.
Menurut kamus psikologi,  motivasi belajar secara harafiah berarti ” perlengkapan psikologik” yang membangkitkan organisme untuk bertindak ke arah tujuan yang diinginkan; alasan untuk bertindak yang mana memberi arah dan tujuan pada tingkah laku . Jadi dari kedua arti tersebut, menjadi jelas bahwa motivasi merupakan vektor, mengandung bobot dan arah. Jadi motivasi belajar, tentunya perlengkapan psikologik yang membangkitkan seseorang untuk belajar agar mencapai tujuan. Dengan perkataan lain, apabila kita tidak jelas dengan tujuan yang hendak kita capai, maka sulit untuk menemukan motivasi belajar.
Strategi peningkatan motivasi belajar mahasiswa meliputi :
A.    Kebermaknaan tugas
Makna adalah suatu bentuk kebahasaan yang harus dianalisis dalam batas-batas unsur-unsur penting situasi di mana penutur mengujarnya. makna merupakan hubungan antara bahasa dengan bahasa luar yang disepakati bersama oleh pemakai bahasa sehingga dapat saling dimengerti. Batasan tentang pengertian makna sangat sulit ditentukan karena setiap pemakai bahasa memiliki kemampuan dan cara pandang yang berbeda dalam memaknai sebuah ujaran atau kata.
Kita umumnya memiliki kemauan yang kuat untuk berubah ketika mengetahui pentingnya makna perubahan. Sesuai dengan kenyataan itu, maka anda perlu mengenali kebermaknaan kegiatan belajar bagi anda. Seberapa penting keberhasilan belajar bagi anda ?
Kebermaknaan tugas, termasuk belajar, tidak hanya cukup kalau dilihat dari kebermanfaatan bagi diri sendiri, tetapi juga perlu dilihat dari berbagai pihak. Pihak-pihak tersebut seperti orang tua, teman dekat, saudara, keluarga , masa depan, teman sekelas, bangsa dan negara. Bahkan calon putra putri kita kelak. Melihat kebermaknaan tugas dari berbagai sudut merupakan sesuatu yang penting mengingat sekali tugas terselesaikan manfaatnya bisa dirasakan banyak hal. Seorang juara olimpiade, misalnya, merasakan bahwa meraih kejuaraan itu penting karena banyak pihak yang akan bisa merasakan manfaat dan makna dari kemenangannya, seperti diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara, teman di klub, supporter dan seterrusnya. Kesadaran akan kebermaknaan suatu tugas, berdasarkan berbagai hasil penelitian, berpengaruh terhadap motivasi dalam belajar.
Peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan pada umumnya senatiasa menjadi target utama oleh para guru dengan mengupayakan memodifikasi berbagai teknik dan cara dalam proses belajar mengajar. Dalam meningkatkan proses dan hasil belajar sebagai satah satu indikator kualitas pendidikan, perhatian terhadap kegiatan siswa merupakan upaya langsung dan paling realitas. Upaya tersebut diarahkan kepada pengembangan ilmu pengetahuan, setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam bentuk pekerjaan tambahan (pekerjaan rumah ).
Pemberian tugas secara rutin kepada siswa dapat membangkitkan motivasi untuk mengkaji secara mendalam terhadap mated pelajaran. Proses belajar yang demikian tentunya membed arti dan makna yang positip terhadap motivasi belajar siswa. Diakui bahwa proses belajar seseorang itu senantiasa dipengaruhi dari berbagai faktor dan salah satu diantaranya adalah upaya guru menciptakan kondis! yang kondusif terhadap days ingatan siswa terhadap materi pelajaran.
Reaksi secara positif terhadap pemberian tugas, manakala tugas yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pribadi siswa, karena ini besar pengaruhnya terhadap proses berpikir seseorang dalam mememecahkan masalah yang ditemukanpada materi pelajaran.
Dengan demikian pemberian tugas kepada siswa adalah salah satu langkah logis untuk mengaktifkansiswa dalam belajar mengajar. Namun dibalik itu pemberian tugas yang sering sekali juga dapat mengakibatkan kejenuhan dan pembagian waktu dengan mengerjakan yang lain, sehingga guru seyogyanya berupa memperhitungkan kemampuan dan keterbatasan dari siswa dan dijadikan sebagai dasar membangkitkan motivasi belajar siswa. Namun demikian ada sejumlah issu yang cukup potensial untuk dikaji yaitu, perhatian guru terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar megajar dan aspek kajian dalam penelitian ini adalah pemberian tugas kepada siswa.
 Reaksi dari siswa itu sangat bervariasi antara lain keinginan, kemampuan dan kesempatan untuk mengerjakan tugas. Dan diakui tugas yang sukar dan sering dilakukan oleh guru dapat menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kadar belajar siswa.
Jadi untuk mengetahui ketepatan siswa menyelesaikan tugas dapat diadakan interaksi tersebut sikap kejujuran siswa sangatdiharapkan untuk mengemukakan tentang kemampuan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Guru. Indicator yang sangat penting adalah kejelasan makna tugas yang diberikan dan lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Karena indicator ini sangat mempengaruhi terhadap kondisi objektif yang dihadapi oleh setiap siswa, yang diakui mempunyai latar belakang karakteristik yang berbeda setiap siswa.


B.       Pelatihan atribusi
Atribusi adalah sebuah teori yang membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan untuk memahami penyebab-penyebab perilaku kita dan orang lain. Definisi formalnya, atribusi berarti upaya untuk memahami penyebab di balik perilaku orang lain, dan dalam beberapa kasus juga penyebab di balik perilaku kita sendiri.
Teori atribusi pada dasarnya menjelaskan empat hal tentang keberhasilan dan kegagalan dalam situasi berprestasi, yaitu: kemampuan, usaha, kesulitas tugas, dan keberuntungan. Atribusi kemampuan dan usaha berasal dari dalam individu, atribusi kesulitan tugas dan keberuntungan berasal dari luar individu. Kemampuan bersifat relatif stabil, tidak berubah, dan usaha dapat berubah. Secara sama, kesulitan tugas bersifat stabil, sementara itu keberuntungan bersifat tidak stabil dan tidak dapat diprediksikan.
Kita cenderung menjelaskan penyebab dari setiap kegagalan maupun kesuksesan dari usaha kita. Ketika kita mengalami keberhasilan, kita cenderung berfikir kenapa kita bisa berhasil; mungkin karena kita hebat, karena ada yang membantu, karena keberuntungan, dan berbagai dugaaan penyebab keberhasilan yang lain. Kecenderungan ini dalam psikologi disebut sebagai atribusi. Atribusi pada dassarnya merupakan cara pandang seseorang terhadap penyebab ( cause ) dari suatu hasil.
Atribusi pada umumnya dikembangkan dari 3 dimensi , yakni lokus, stabilitas, dan tanggung jawab.
a.  Lokus, mengacu pada lokasi penyebab kesuksesan atau kegagalan. Penyebab kegagalan berasaal dari dalam diri sendiri ( internal ) maupun dari luar diri ( eksternal ). Contoh dari bentuk atribusi internal adalah bahwa kegagalan seseorang disebabkan oleh usahanya yang kurang. Sedangkan bentuk atribusi eksternal adalah kegagalan dikarenakan keberuntungan.
b. Stabilitas, mengacu pada apakah penyebab kegagalan dari waktu ke waktu stabil atau tidak stabil.
c.  Tanggung jawab mengacu pada apakah penyebab kegagalan atau kesuksesan dapat dikontrol atau tidak dapat dikontrol.
Berdasarkan dimensi diatas maka atribusi dapat diklasifikasikan sebagai berikut  sebagaimana yang tampak dalam tabel 1
Tabel 1. Penjelasan atribusi atas alasan keberhasilan dan kegagalan
Klasifikasi dimensi
Alasan kegagalan
Alasan keberhasilan
Internal-stabi-tidak terkontrol
Bakat yang rendah
Bakat yang tinggi
Internal-stabil-terkontrol
Usaha belajar yang kurang
Rajin belajar
Internal-tidak stabil-tidak terkontrol
Sakit sebelum ujian
Kesehatan mendukung
Internal-tidak stabil-terkontrol
Tidak mempelajari suatu bab dan soal yang keluar
Yang dipelajari keluar
Eksternal-stabil-tidak terkontrol
Sekolah memiliki tuntutan yang rumit
Soal ujian mudah
Eksternal-stabil-terkontrol
Guru tidal adil
Guru yang mau membantu
Eksternal-tidak satbil-tidak terkontrol
Tidak beruntung
beruntung
Eksternal-tidak stabil-terkontrol
Teman tidak dapat membantu
Teman membantu

Atribusi berpengaruh terhadap motivasi seseorang. Orang dengan keyakoinan atribusi bahwa kegagalan yang dialaminya karena ketidakmampuannya, maka ketika menghadapi tugas berikut yang dirasakan di luar kemampuannya kemungkinan besar dia tidak memberikan usaha yang gigih untuk menyelesaikan tugas tersebut. Hal ini terjadi karena dia merasa tidak ada yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keberhasilannya. Turunnya motivasi atau semangat merupakan konsekuensi logis dari pengembangan atribusi ini.
Demikian pula dengan atribusi yang lain yaitu sakit, materi yang dipelajari tidak keluar, tuntutan tugas yang sulit, guru yang tidak adil, tidak beruntung, dan tidak ada yang membantu juga memiliki dampak yang hampir sama dengan atribusi kemampuannya. Hal ini berbeda dengan dampak atribusi usaha, dimana siswa dengan atribusi usaha cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi. Siswa dengan atribusi usaha jika mengalami kegagalan dia memahami bahwa dimasa mendatang kesempatan untuk berhasil terbuka luas apabila mau berusaha. Ketika mengalami keberhasilan diapun memahami bahwa jika di masa mendatang dia mengerahkan usaha yang lebih banyak maka keberhasilan atau kesuksesan yang lebih besar akan bisa diraih. Berbagai penelitian telah menunujuukan bahwa kebanyakan siswa yang berprestasi tinggi memiliki atribusi usaha ini.
Tidak semua orang mampu mengembangkan atribusi untuk dirinya sendiri secara tepat dan akurat. Kecenderungan yang sering terjadi, kita ketika gagal sering menyalahkan lingkungan seperti gguru, orang tua, teman, dan pihak lainnya, beserta diri sendiri seperti bodoh, tidak mampu.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.   Motivasi belajar secara harafiah berarti ” perlengkapan psikologik” yang membangkitkan organisme untuk bertindak ke arah tujuan yang diinginkan; alasan untuk bertindak yang mana memberi arah dan tujuan pada tingkah laku . Jadi dari kedua arti tersebut, menjadi jelas bahwa motivasi merupakan vektor, mengandung bobot dan arah. Jadi motivasi belajar, tentunya perlengkapan psikologik yang membangkitkan seseorang untuk belajar agar mencapai tujuan.
2.   Kebermaknaan tugas, termasuk belajar, tidak hanya cukup kalau dilihat dari kebermanfaatan bagi diri sendiri, tetapi juga perlu dilihat dari berbagai pihak. Melihat kebermaknaan tugas dari berbagai sudut merupakan sesuatu yang penting mengingat sekali tugas terselesaikan manfaatnya bisa dirasakan banyak hal. Kesadaran akan kebermaknaan suatu tugas, berdasarkan berbagai hasil penelitian, berpengaruh terhadap motivasi dalam belajar.
3.   Teori atribusi pada dasarnya menjelaskan empat hal tentang keberhasilan dan kegagalan dalam situasi berprestasi, yaitu: kemampuan, usaha, kesulitas tugas, dan keberuntungan. Atribusi kemampuan dan usaha berasal dari dalam individu, atribusi kesulitan tugas dan keberuntungan berasal dari luar individu.

B.     Saran
1.      Bagi pendidik
Diharapkan agar tidak tidak bosan-bosannya dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada kami.
2.      Bagi mahasiswa
Diharapkan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.